Konsorsium Teknik Kelautan Indonesia

Published by Teknik Kelautan on

Pada tanggal 21 November 2020, telah dilaksanakan Konsorsium Teknik Kelautan Nasional yang diselenggarakan secara daring oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai tuan rumahnya. Pada kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Program Studi (atau perwakilan) dari seluruh Perguruan Tinggi yang memiliki Prodi Teknik Kelautan, antara lain: ITB, ITS, ITK, UNHAS, dan ITERA.

Sebagai Program Studi Teknik Kelautan yang relatif sangat muda, ITERA didaulat memberikan pemaparan untuk menginisiasi diskusi Joint Research National oleh Departemen dan/atau Program Studi Teknik Kelautan se-Indonesia. Dalam kesempatan ini Bapak Satriyo Panalaran, S.Kel., M.Eng. selaku Koordinator Program Studi yang mewakiliki PS. Teknik Kelautan ITERA memaparkan tantangan di bidang kelautan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN 2005-2025 oleh Bappenas), dan memberikan pandangan identifikasi potensi Teknik Kelautan di masing-masing institusi yang dapat di-share guna kepentingan penelitian bersama.

Agenda konsorsium ini terdiri dari 4 sesi diantaranya sesi diskusi Joint Research National, sesi diskusi Kurikulum S1 dan Pascasarjana Teknik Kelautan, sesi diskusi kegiatan Pertukaran Pelajar Nasional (Merdeka Belajar), dan sesi diskusi Seminar Internasional Bersama.

Kegiatan konsorsium ini disambut baik oleh seluruh peserta konsorsium, dan selanjutnya dicanangkan konsorsium ini akan dibuat lebih serius dengan membuat legalitasnya. Berdasarkan masukan hadirin, kedepannya akan diinventaris ulang perguruan tinggi lain yang memiliki Prodi Teknik Kelautan dan belum masuk dalam konsorsium ini.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *