Studium Generale ” Sustainable Development Goals (SDGs) Dalam Kelautan “

Published by Teknik Kelautan on

Sabtu, 6 Maret 2021 Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sumatera telah melaksanakan webinar yang kedua pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Dikarenakan terinspirasi dari Sustainable Development Goals (SDGs) yang harus banyak dikembangkan di lautuntuk mendukung indonesia maju 2045. Maka dalam webinar kali ini Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan ITERA mengusung tema yang eksklusif yaitu “Sustainable Development Goals (SDGs) dalam kelautan atau sektor maritim global”.

Sebelum webinar dibuka secara resmi oleh Bapak Rektor Institut Teknologi Sumatera yang diwakili oleh ibu Dr. Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T. dimana selaku  ketua Jurusan Teknologi  Infrastruktur dan Kewilayahan, para peserta dan tamu undangan disambut dengan lagu Nasional agar lebih rileks dan membangkitkan semangat jiwa nasionalisme. Webinar di pandu oleh Zahra , dan Christophel, Mahasiswa Teknik Kelautan 2019 dimana sebagai Master of Ceremony (MC), dan selanjutnya dimoderatori oleh Stephen Romora yang juga merupakan Mahasiswa Teknik Kelautan.

Terdapat 2 pembicara dalam webinar kali ini, mereka adalah:

  1. Bapak Itok Pareksit, S.T., M.M.

Sebelum Bapak Itok menjadi pembicara. Panitia menampilkan video sambutan dari Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yaang bicara tentang pembangunan berkelanjutan di wisata bahari, kemenparekraf juga berfokus pada 5 destinasi wisata prioritas, serta pak menteri mengajak mahasiswa untuk berperan aktif untuk mendukung pariwisata berkelanjutan khususnya destinasi wisata bahari. Lalu setelah menampilkan video sambutan pak menteri. Dilanjutkan oleh Pak Itok selaku Kepala Subdirektorat Pengembangan Wisata Alam di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang juga mewakili Menparekraf untuk menjadi pembicara di acara kami. Dalam penyampaian materi beliau lebih menekankan pada Dampak Pandemi terhadap wisata bahari, Strategi Tanggap dan pemulihan, 5 destinasi prioritas khususnya di wisata bahari, pengembangan wisata bahari antaranya wisata diving, wisata cruise, dan wisata yacht.

  1. Bapak Doni Budiono, CSCA,CPLM.

Pembicara kedua yaitu Bapak Doni Budiono, CSCA, CPLM. Beliau merupakan Senior Manager dari PT Jakarat Internasional Container Terminal. Beliau memaparkan tentang global logistics trend yang meliputi shipping trend,prot trend, dan trade, industry dan cargo owner, lalu beliau juga menjelaskan tentang sistem operasi terminal, transformasi digital untuk smart terminal dan peluang dan tantangan dalam pelabuhan logistik PT JICT.

Webinar kali ini dihadiri oleh ± 600 peserta yang tercatat dari seluruh instansi manapun. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti webinar dan banyak pertanyaaan yang disampaikan sehingga mempertajam dalam pemaparan materi yang telah disampaikan oleh pemateri webinar. Webinar di awal dan akhiri dengan foto online bersama.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *