Studium Generale “Pemanfaatan Potensi Energi Laut Indonesia”

Published by Teknik Kelautan on

Senin, 16 November 2020 Program Studi Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sumatera  telah melaksanakan webinar yang kedua pada semester gasal tahun ajaran 2020/2021. Dikarenakan terinspirasi dari laut yang mana sebagai sumber daya alam yang memberikan banyak kebermanfaatan bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah energi. Maka dalam webinar kali ini program studi Teknik Kelautan ITERA mengusung tema yang eksklusif yaitu “Pemanfaatan Potensi Energi Laut Indonesia”.

Acara webinar ini dibuka secara resmi oleh ibu Dr. Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T. selaku  ketua Jurusan Teknologi  Infrastruktur dan Kewilayahan, para peserta dan tamu undangan disambut dengan lagu Nasional agar lebih rileks dan membangkitkan semangat jiwa nasionalisme. Kemudian webinar, di pandu oleh Natanael Mahasiswa Teknik Kelautan 2019 dimana sebagai Master of Ceremony (MC), dan selanjutnya dimoderatori oleh ketua program studi Teknik Kelautan yaitu bapak Satriyo Panalaran, S.Kel., M.Eng.

Terdapat 2 pembicara muda dalam webinar kali ini, mereka adalah:

  1. Bapak Madi, S.T., M.T.  Beliau selaku dosen muda program studi Teknik Sistem Energi Institut Teknologi Sumatera. Dimana beliau dulu pada saat studi merupakan seorang mahasiswa prestatif serta menggeluti penelitian dibidang keahlian energi terutama energi turbin arus laut. Dalam penyampaian materi, bapak Madi lebih menekankan pengalaman disaat melaksanakan penelitian dibidang turbin arus laut. Pertama kali belajar turbin, beliau terinspirasi dari PT. Lentera Angin Nusantara pada saat Kerja Praktik waktu studi sarjana. Selanjutnya, apa yang beliau pelajari disaat kerja praktik diterapkan dalam penelitian studi lapangan Turbin Arus di Pasuruan Jawa Timur. Beliau juga memaparkan bahwa terdapat 3 jenis turbin yaitu turbin horizontal, turbin vertical, dan turbin crossflow.
  2. Bapak Ahmad Mukhlis, S.T., M.T. Pembicara utama yaitu bapak Mukhlis Firdaus, pengajar program studi Teknik Kelautan Institut Teknologi Bandung. Dimana sekarang beliau juga sedang menempuh studi dan sebagai Dphil Candidate in Marine Renewable Energy, University of Oxford. Beliau memaparkan tentang teknologi turbin arus, potensi energi arus di Indonesia, pengalaman pribadi dibidang turbin arus, dan beberapa kasus turbin arus yang cocok di terapkan di Indonesia yaitu di selat Lombok dan selat Larantuka. Beliau juga menyampaikan bahwa negara Indonesia merupakan salah satu negara yang cocok dan cukup ekonomis jika menerapkan teknologi turbin arus di Indonesia sites  daripada energi laut lainya misalnya OTEC, dimana masih mahal dalam implementasinya.

Webinar kali ini dihadiri oleh ± 300 peserta yang tercatat dari seluruh instansi manapun. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti webinar dan banyak pertanyaaan yang disampaikan sehingga mempertajam dalam pemaparan materi yang telah disampaikan oleh pemateri webinar. Webinar di akhiri dengan foto online bersama.  (AR/2020)

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *