Pelatihan Alat Survey Teknik Kelautan (4/4)

Published by Teknik Kelautan on

Pada hari Minggu (09/08), Program Studi Teknik Kelautan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melalukan prosesi terakhir dari pelatihan alat yang telah dilaksanakan, yaitu akuisisi data dan pengolahan data hasil survey. Sebelumnya telah dilaksanakan in class training, setting alat, dan pengambilan data di lapangan. Akuisisi data ini dilakukan oleh Tim Survey Gabungan dan Pelatihan Alat Laboratoriun Teknik Kelautan.

Akuisisi data dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB dan bertempat di ruang kelas Gedung Kuliah Umum (GKU) ITERA. Adapun rangkaian kegiatan dimulai dengan pengambilan data dari setiap alat survey yang digunakan di lapangan. Bapak Gesta Maulana Assidiqque dan Dayu Gigih Wibisono selaku trainer memberikan arahan tentang metode pengambilan data dan pengolahan data yang didapat dari alat Teledyne RDI Sentinel V50 ADCP, Teledyne Odom CV100 Bathymetric System, Valeport Tide Master dan Valeport 106 Singel Point Current Meter.

Selain akuisisi data dan pengolahannya, para trainer juga memberikan arahan cara perawatan alat dan aplikasi pendukung untuk pengolahan data survey. Hal terakhir tidak lupa adalah tes atau ujian bagi para peserta sehingga teruji dalam penggunaan alat-alat survey tersebut. Kegiatan ditutup oleh Sekretaris prodi Teknik Kelautan, Bapak Nanda Nurisman.

Harapannya Tim Survey Gabungan dan Pelatihan Alat Laboratoriun Teknik Kelautan memahami penggunaan alat survey yang telah diadakan dan memberikan manfaat yang lebih baik untuk individu maupun Program Studi Teknik Kelautan dan Institut Teknologi Sumatera.

(Savna/2020)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *