IPC Panjang Ajak Milenial ITERA Untuk Mengenal Pelabuhan

Published by Teknik Kelautan on

(KL ITERA/2019) Pada hari Rabu, 26 November 2019, Teknik Kelautan ITERA mengadakan Studium Generale (SG) yang bertemakan What Millenials Do for Port of Panjang. SG ini diadakan bekerja sama dengan Jurusan Teknologi Inrastruktur Kewilayahan (JTIK) dan PT pelindo II/IPC Cabang Panjang, Bandar Lampung.

Dr. Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T (Bu Ayu, red) selaku Kepala Jurusan JTIK membuka SG yang diadakan di Aula E. Bu Ayu berharap peserta dapat melihat transformasi perusahaan yang dipelopori oleh trannsformasi SDM, seperti yang dilakukan IPC Panjang. Selain itu, beliau juga berharap hal ini merupakan awal yang baik hubungan erat antara IPC panjang dan ITERA.

Materi SG dibawakan oleh Assistant Deputy General Manager (ADGM) bidang Commertial IPC panjang, Bapak Marlamb Simanjuntak, S.H. M.H. Pak Marlamb menjelaskan posisi dan potensi IPC Panjang sebagai industri jasa kepelabuhan saat ini, baik dalam skala lokal, nasional, hingga internasional. Intinya IPC Panjang tergolong berhasil melakukan paradigm shift dan menjadi perusahaan bertaraf internasional, misalnya dengan menjadi digital port sehingga meningkatkan laba perusahaan secara drastis (mencapai 300%). Hal ini tak lepas dari langkah taktis ‘menyuntikkan’ peran generasi milenial pada human capital perusahaan. Tidak perlu contoh yang jauh, Pak Marlamb sendiri berusia 27 tahun didapuk menjadi ADGM Commertial, dan jajaran ADGM lain relatif seumuran dengan beliau.

Pak Marlamb juga mengajak mahasiswa peserta SG untuk memiliki sikap dan melatih time management sejak masih mahasiswa. Sebab menurut beliau, etos kerja karyawan biasanya dicerminkan dari sejak berkegiatan di kampus. Etos kerja ini meliputi manajemen prioritas diri, kemampuan kerja tim, koordinatif, jangan menunda pekerjaan, fokus, jangan wacana tanpa eksekusi, dsb.

Peserta SG yang hadir tidak kurang dari 200 orang yang terdiri dari berbagi prodi, mulai dari Teknik Kelautan, Teknik Sipil,  Informatika, Teknik Mesin, PWK, hingga Teknik Biosistem. Pada dasarnya pelabuhan merupakan simpul aktivitas dari berbagai kegiatan dan disiplin ilmu, sehingga SG ini adekuat untuk meningkatan pengetahuan para peserta. (gelf)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *