OMBAK 2019 Membahas Poros Maritim Indonesia

Published by Teknik Kelautan on

Lampung Selatan/KL ITERA. Pada hari Sabtu, 09 November 2019 Program Studi Teknik Kelautan ITERA melaksanakan kegiatan OMBAK (Orientasi Mahasiswa Baru Teknik Kelautan) lanjutan bagi mahasiswa angkatan 2019. Acara ini diadakan di Gedung Kuliah Umum (GKU) ITERA yang bertujuan untuk mempresentasikan tugas-tugas mereka yang diberikan pada kegiatan OMBAK sebelumnya yaitu tentang Indonesia sebagai Poros Maritim.

Dalam kegiatan OMBAK ini mahasiswa mempresentasikan karya esai mereka tentang Indonesia sebagai Poros Maritim dengan beberapa sub-tema yaitu Transportasi Laut, Pertahanan Maritim, Energi Laut, Lingkungan Laut, Geopolitik Maritim, dan Mitigasi Bencana Laut. Sub-tema tersebut menjadi topik pembahasan dalam upaya pengembangan Indonesia sebagai Poros Maritim. Tugas ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada mahasiswa angkatan 2019 tentang kondisi maritim Indonesia, dan bagaimana sikap dari seorang yang berprofesi di bidang Teknik Kelautan untuk dapat berkontribusi lebih jauh.

Kegiatan lain pada OMBAK kalai ini adalah memperkenalkan identitas angkatan 2019 (nama, logo dan yel-yel angkatan) serta sharing angkatan. Nama angkatan 2019 telah ditentukan yaitu Jyestha, yang diambil dari nama bulan yang merupakan masa armada laut kerajaan Sriwijaya mulai berlayar dan melakukan ekspansi ke wilayah luar. Selanjutnya sharing angkatan dilakukan untuk berbagi pengalaman berangkatan sebagai mahasiswa, melatih kekompakan dalam satu angkatan, berbagi dalam hal akademik dan non-akademik, dan menciptakan suasana yang nyaman dalam lingkup keluarga mahsiswa Teknik Kelautan.

Acara OMBAK ditutup dengan materi OEGTS (Ocean Engineering Goes To School) yang merupakan kegiatan rutin Teknik Kelautan ITERA dalam upaya sosialisasi tentang Teknik Kelautan khususnya kepada siswa SMA kelas 12. Teknik Kelautan merupakan program studi yang langka di Indonesia dan banyak orang yang belum mengerti apa saja bidang kajiannya. Pada OMBAK ini juga telah terpilih Ketua Pelaksana OEGTS 2020 yaitu Subangkit Wicaksono dari Teknik Kelautan angkatan 2019, dan semoga acara OEGTS ini dapat berjalan dengan lancar.

(joko/2019)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *