Survey Krakatau 2019 Hari Ke-2 (Terakhir)

Published by Teknik Kelautan on

(KL ITERA/2019) Survey yang dilakukan pada pertengahan Agustus 2019 ini didahului dengan persiapan yang tidak kurang dari 3 bulan. Proses perizinan ke Kementerian terkait dan BKSDA wilayah Bengkulu-Lampung dijalani tim dengan seksama. Koordinasi antara tim di Jepang dan di Indonesia terus dilakukan untuk memastikan berbagai teknis dapat dipetakan dan dicarikan solusinya.

Survey hari ke-2 dilaksanakan bertepatan pada hari kemerdekaan Republik Indonesia. Malam sebelumnya, evaluasi survey hari pertama dilakukan dengan kesimpulan survey hari ini tim dibagi menjadi 2, yaitu tim darat dan tim laut. Tim darat akan fokus mendapatkan data kesadaran tsunami masyarakat Sebesi dan tim laut melanjutkan survey di Perairan Krakatau.

Tim memulai survey tepat setelah upacara kemerdekaan (sekitar jam 08.30 wib). Survey batimetri seputar perairan GAK selesai dilakukan bersamaan dengan foto bawah laut menggunakan perahu kecil. Pemotretan udara perairan krakatau bersamaan dengan pengukuran jejak tsunami dilaksanakan menggunakan Kapal Besar (Batanghari 2). Tim darat mendapatkan responden yang cukup representatif untuk menggambarkan kesiasiagaan tsunami masyarakat Pulau Sebesi.

Survey hari ke-2 berjalan cukup komprehensif dan ditutup dengan evaluasi serta penyelesaian adminstrasi dengan pihak-pihak terkait (salah satunya pemerintahan desa). Tim kembali ke daratan Sumatera keesokan harinya dan melanjutkan kegiatan selanjutnya. Data-data yang dikumpulkan direncanakan akan diolah menjadi data pemodelan tsunami dan menjadi beberapa tulisan ilmiah.

(gelf/2019)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *