Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) KL ITERA di Pulau Legundi

Published by Teknik Kelautan on

[KL ITERA/2019] Pulau Legundi merupakan salah satu gugus kepulauan yang ada di perairan Selat Sunda sisi Provinsi Lampung. Desa Pulau Legundi memiliki 6 dusun dan berinduk pada Kecamatan Punduh Pedada di Kabupaten Pesawaran. Pada bencana Tsunami Selat Sunda (TSS) 2018 yang lalu, 2 dusun yang menderita cukup parah adalah Selesung 1 dan 2 dengan korban jiwa 1 orang dengan tidak kurang dari 200 KK terdampak.

Untuk mencapai Dusun Selesung bisa dilakukan dengan penyeberangan dari Dermaga Ketapang dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Secara demografi, masyarakat Selesung merupakan petani (coklat, cengkeh, dll) dan nelayan. Sumber listrik saat ini bersumber dari diesel karena PLTS (Surya) roboh karena gelombang tsunami.

Mengetahui latar belakang tersebut, KL ITERA melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa sosialisasi tsunami. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan, yaitu menyerap aspirasi dan perilaku tanggap bencana melalui kuesioner survey, sosialisasi tsunami, dan sosialisasi pemasangan sign tsunami. Harapannya, PKM ini dapat memberikan gambaran yang lebih utuh bagi masyarakat mengenai tsunami dan meningkatkan kesadaran tanggap bencana masyarakat Pulau Legundi.

Kegiatan PKM dilaksanakan pada 1-3 Juli 2019, dengan waktu persiapan sudah dimulai beberapa bulan sebelumnya. PKM ini melibatkan beberapa mahasiswa KL ITERA angkatan 2018 dengan tetap dikoordinasi oleh para dosen sehingga harapannya mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata di lapangan. PKM ini mendukung secara penuh visi itera yaitu ITERA for Sumatera.

(gelf/2019)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *