Sejarah

Sejarah Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) merupakan perguruan tinggi negeri baru (PTN-B) yang didirikan melalui Peraturan Presiden No. 124 tahun 2014, dengan mandat:

“Menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi tertentu, dan jika memenuhi syarat ITERA dapat menyelenggarakan pendidikan profesi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan”.

Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (SK Mendikbud) No. 060/P/2012 menyatakan bahwa pendirian Institut Teknologi Sumatera (ITERA) bertujuan untuk meningkatkan kapasitas daya tampung mahasiswa di perguruan tinggi yang berlokasi di Sumatera. Pembentukan program studi-program studi yang saling menunjang akan menjawab tantangan yang diberikan kepada ITERA sebagai salah satu perguruan tinggi penyelenggara pendidikan akademik dan profesi di Indonesia.

Berdasarkan draft RENSTRA ITERA SK Rektor ITERA No. 0369/A/SK/HK/XII/2015 yang diperkuat dengan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (SK KEMENRISTEKDIKTI) No. 64/M/Kp/III/2015 dan Surat Usulan Rektor No. 701/IT9.A/AK/2017 tentang Permohonan Penambahan Program Studi Baru, Surat Pertimbangan Senat Institut Teknologi Sumatera Nomor 004/IT9.SN/TI/2017 tentang Penambahan Program Studi serta Masterplan Percepatan Pembangunan ITERA No 1515/IT9.A/LL2017, maka pembukaan Program Studi di bidang Engineering merupakan prioritas utama di Institut Teknologi Sumatera.

Sejarah Teknik Kelautan (KL) ITERA

Program Studi Teknik Kelautan merupakan ilmu teknik merancang infrastruktur di lingkungan laut/pantai. Program Studi Teknik Kelautan ITERA sendiri berdiri pada tanggal 18 Oktober 2017 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Nomor 581/KPT/I/2017. Adapun detail surat keputusan ini dapat dilihat disini  SK Pendirian KL ITERA .

  • SK KL ITERA Halaman 1