Kurikulum

Mahasiswa Program Studi Teknik Kelautan harus menempuh minimal 144 SKS (Satuan Kredit Semester) dalam yang terbagi dalam 8 semester. Semua program secara garis besar dilakukan dalam dua tahap yaitu:

  1. Tahap Persiapan Bersama (TPB) yang dikelola secara institut oleh Lembaga Persiapan Tingkat Pendidikan (LTPB). Mahasiswa pada tahap ini diharapkan memperoleh pemahaman serta memperkuat dan meningkatkan ilmu sains dasar yang dibutuhkan. Durasi normal dalam TPB dilakukan dalam 2 semester atau 36 SKS. Namun, Mahasiswa harus menyelesaikan TPB dalam kurung waktu maksimal 2 tahun.

  2. Tahap Sarjana akan secara langsung dikelola oleh program studi di program studi masing-masing. Durasi normal dalam tahap mahasiswa dilakukan selama 6 semester yang pada akhirnya harus membuat tugas akhir. Namun, mahasiswa harus menyelesaikan tahap sarjana dalam kurung waktu maksimal 4 tahun.

Berikut adalah kurikulum Program Studi Teknik Kelautan Insitut Teknologi Sumatera (ITERA) tahun 2018:

Adapun peta (roadmap) pengambilan mata kuliah-mata kuliah diatas selama 4 tahun masa perkuliahan normal dapat digambarkan pada gambar berikut.