Pameran Ocean Engineering Day 2018 “Struktur Terapung”

Published by Teknik Kelautan on

Masa-masa Ujian Akhir Semester (UAS) di ITERA sedang berlangsung. Begitu juga untuk mahasiswa Teknik Kelautan angkatan pertama yang menjalani mata kuliah di semester pertamanya ini yaitu Pengantar Rekayasa Desain (PRD). Tim Dosen Teknik Kelautan ITERA memberikan UAS PRD berupa Tugas Besar (Tubes). Hari Sabtu, 15 Desember 2018, Teknik Kelautan ITERA mengadakan acara bernama Ocean Engineering Day 2018 yang berisi acara Kuliah Umum dan Pameran Tugas Besar. Pagi hari nya mahasiswa Teknik Kelautan ITERA mendapatkan Kuliah Umum dengan pembicaranya yaitu Dr. Eng. Takayuki Suzuki dari Yokohama National University, Jepang dan juga Dr.Eng. Hendra Achiari sebagai Kaprodi Teknik Kelautan ITERA.

Setelah mengikuti Kuliah Umum, mahasiswa memamerkan hasil karya Tugas Besarnya masing-masing. Tugas Besar ini menugaskan mahasiswa membuat prototype dari struktur terapung yang dibangun di laut. Mahasiswa dibagi menjadi 10 kelompok yang beranggotakan 9-10 orang di tiap kelompoknya. Struktur Terapung yang dibuat yaitu Floating Offshore Structure, Floating Cottage, Floating Harbour, Floating Wind Turbine dan Floating Bridge. Jadi, setiap jenis struktur terapung dibuat oleh 2 kelompok yang berasal dari kelompok kelas A dan kelompok kelas B.

Pameran ini tidak hanya sekedar memamerkan hasil protoype yang telah dibuat tetapi juga dilakukan pengujian sebagai nilai UAS untuk mata kuliah PRD. Pengujian ini dilakukan dalam wahana yaitu aquarium yang diisi oleh air dan dibuktikan apakah prototype yang dibuat dapat terapung atau tidak. Semua prototype ternyata berhasil untuk terapung. Pengujian selanjutnya yaitu diberikan beban dengan berat 250gram dan 750gram. Alhasil, 3 kelompok berhasil untuk menahan semua beban tersebut, dan yang lain tidak berhasil dikarenakan beberapa faktor.

Hasil dari pengujian dan pameran Tubes ini tidak luput dengan kegembiraan mahasiswa dan juga dosen Teknik Kelautan untuk mengakhiri semester ganjil ini. Oleh karena itu, dosen Teknik Kelautan memberikan hadiah kepada kelompok Terbaik, Terstabil dan Terkreatif. Untuk kelompok Terbaik diberikan kepada kelompok Dean dan Froude dengan masing-masing prototype nya yaitu Floating Offshore Structure dan Floating Cottage. Kelompok Terstabil juga diraih oleh kelompok Dean dan Froude. Dan nominasi terakhir yaitu kelompok Terkreatif disabet oleh kelompok Airy yang membuat prototype Floating Harbour dengan desain yang sangat apik dan kreatif.

Kegiatan Ocean Engineering Day ini rencananya akan menjadi kegiatan tahunan yang akan diisi dengan Pameran Tugas Besar dan acara lainnya. Tubes juga akan selalu dilakukan di setiap akhir kuliah PRD. Sampai bertemu di Ocean Engineering Day 2019! (erk/2018)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *